Launching Posyandu Remaja dan Pengukuhan Bunda Peduli Stunting Kabupaten Pulau Morotai
  • HUMAS DINKES
  • 05 September 2022
  • 57 x
Pembukaan Louncing Posyandu Remaja Oleh Pj. Bupati Pulau Morotai

Pj Bupati Pulau Morotai Muhammad Umar Ali, melaunching Posyandu Remaja dan mengukuhkan Bunda Peduli Stunting Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Kegiatan yang mengusung Tema "Membangun Remaja Yang Berkualitas Menuju Generasi Emas Tahun 2045" itu, berlangsung di Gedung Islamic Center (GIC), Kawasan Wiisata Relijii, Kecamatan Morotai Selatan, Kamis 18 Agustus 2022.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya atau kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal kehidupan setelah lahir, tetapi baru nampak setelah anak berusia 2 tahun.

Kondisi ini diakibatkan oleh tidak tercukupnya asupan gizi anak, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa 20 persen kejadian Stunting sudah terjadi ketika bayi masih berada dalam kandungan,"

Dimana asupan ibu selama kehamilan kurang berkualitas sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit. Akhirnya, pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran.

Selain itu, stunting berdampak pada tingkat kecerdasan, rentan terhadap penyakit, menurunkan produktivitas dan kemudian menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan ketimpangan bahkan stunting diperkirakan berkontribusi pada berkurangnya 2-3 persen Produk Domestik Bruto (PDB) setiap tahunnya.